Senin, 17 Februari 2014

IDE PENULISAN DAPAT BERASAL DARI 3 KATA



Menulis dengan berangkat dari 3 kata dapat memunculkan sebuah ide penulisan. Betapa tidak? Kita ’dipaksa’ untuk membuat sebuah tulisan dengan menghadirkan 3 kata yang kelihatannya tidak berhubungan. Otak kita berputar mencoba memikirkan bagaimana agar 3 kata pilihan dapat berhubungan.

Di sinilah proses imajinatif dan kreatif berlangsung. Di sinilah semua pengetahuan, pengalaman, kekesalan, kesedihan dan kegembiraan kita yang berhubungan dengan ketiga kata pilihan itu berperan.

Jika kita pernah mempunyai pengalaman sedih atau pernah membaca sebuah cerita sedih terkait dengan ke-3 kata pilihan itu, maka tulisan yang dihasilkan juga tulisan mengenai cerita sedih. Begitu seterusnya.

Secara pribadi, saya pernah mendapat ide penulisan setelah menerapkan metode ini. Waktu itu, kata pilihannya adalah Harakiri, tulisan dan bokek. Ketiga pilihan ini terdapat di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Menulis berangkat dari 3 kata pilihan, sesungguhnya dapat dijadikan metode seseorang untuk memancing munculnya sebuah ide penulisan. Oleh karenanya, ide penulisan tidak perlu ditunggu. Cobalah pancing munculnya ide penulisan dengan metode memilih 3 kata secara acak.

Saya tidak tahu, apakah metode ini dapat menjadi suatu cara apabila tulisan kita sedang mandeg, terhenti di tengah jalan. Apakah metode ini dapat digunakan ketika kita bingung untuk melanjutkan sebuah tulisan yang sebenarnya belum usai.

Cobalah para pembaca pilih 3 kata secara acak! Para pembaca tidak perlu khawatir untuk memilih 3 kata yang kelihatannya tidak berhubungan. Sebab otak kita yang berisi pengetahuan, pengalaman, kekesalan, kesedihan dan kegembiraan akan membantu kita untuk menghasilkan sebuah tulisan. Cobalah! Saya juga akan terus berlatih menggunakan metode ini. Sebab saya berharap dengan seringnya berlatih menggunakan metode ini, tulisan saya dapat mengalir, lebih mengalir dan lebih lebih mengalir lagi.

Oh ya, ada yang tertinggal. Ternyata metode ini dapat memunculkan ide penulisan untuk tulisan cerpen, novel dan puisi. Dalam pertemuan FLP DKI kemarin, tulisan yang banyak dihasilkan adalah cerpen, tapi ternyata ada seorang teman yang menghasilkan sebuah puisi yang berangkat dari kata Traktor, anak bayi dan kacang kulit.

Saya sendiri pernah membuat sebuah tulisan non fiksi yang berangkat dari 3 kata pilihan.

Mari mencoba!



TULISAN INI SEBELUMNYA TELAH DIPUBLISH DI AKUN FACEBOOK SAYA ATAS NAMA ARYA NOOR AMARSYAH

Tidak ada komentar:

Posting Komentar