Kamis, 10 November 2011

Asma’ binti ‘Amis dan Jawaban yang Cerdas

(100) Asma’ binti ‘Amis dan Jawaban yang Cerdas
Asma’ binti ‘Amis adalah istri Ja’far bin Abi Thalib r.a. Setelah Ja’far mati syahid pada peperangan Mu’tah, Asma’ menikah dengan Abu Bakar ash-Shiddiq. Ketika Abu Bakar meninggal, Asma’ menikah dengan ‘Ali bin Abi Thalib r.a.
Pada suatu ketika, Asma’ membangga-banggakan anaknya; hasil pernikahannya dengan Ja’far bin Abi Thalib, dan anaknya; hasil pernikahannya dengan Abu Bakar.
‘Ali bin Abi Thalib berkata kepada Asma, “Perlakukanlah mereka berdua dengan baik.”
Asma’ berkata, “Saya belum pernah melihat pemuda Arab yang lebih baik dari Ja’far, dan saya belum pernah menemukan laki-laki separuh baya yang lebih baik daripada Abu Bakar.”
Ali berkata kepada Asma’, “Kamu tidak menyisakan apa-apa kepada saya. Jika saya mengatakan sesuatu tidak seperti yang kamu katakan, niscaya akan marah.”
Asma’ berkata, “Dari ketiga suami saya yang paling baik adalah engkau.”[1]



[1]Ibnu Sa’ad, “Ath-Thabaqât.
Sumber; 100 Qishshah min Dzakâi ash-Shahâbiyyât, Manshur Abd. Hakim

Tidak ada komentar:

Posting Komentar