Senin, 14 November 2011

SURAT YUSUF AYAT 6

Dan demikianlah Tuhanmu, memilih kamu (untuk menjadi Nabi) dan diajarkan-Nya kepadamu sebahagian dari takbir mimpi-mimpi dan disempurnakan-Nya nikmat-Nya kepadamu dan kepada keluarga Yakub, sebagaimana Dia telah menyempurnakan nikmat-Nya kepada dua orang bapakmu sebelum itu, (yaitu) Ibrahim dan Ishak. Sesungguhnya Tuhanmu Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana. (qs YUSUF (12):6)
          Allah swt mengabarkan apa yang dikatakan oleh Yaqub kepada putranya Yusuf, bahwa sebagaimana Rabb-mu telah memilihmu dan memperlihatkan kepadamu dalam mimpi bintang-bintang, matahari dan bulan yang semuanya sujud kepadamu.
          “Demikianlah Rabbmu memilihmu” untuk menjadi seorang Nabi.
          “Dan mengajarimu tabir mimpi-mimpi,” sebagaimana dikatakan Mujahid dan ahli tafsir lainnya.
        dan disempurnakan-Nya nikmat-Nya kepadamu” yaitu dengan mengutusmu dan memberimu wahyu. Oleh karena itu, Allah berfirman, “dan kepada keluarga Yakub, sebagaimana Dia telah menyempurnakan nikmat-Nya kepada dua orang bapakmu sebelum itu, (yaitu) Ibrahim dan Ishak. Sesungguhnya Tuhanmu Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.” Maksudnya adalah bahwa Allah lebih mengetahui bahwa siapa yang (pantas) dipilih untuk menjadi Rasul seperti yang difirmankan dalam ayat yang lain.
Sumber; Tafsir Ibnu Katsir

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar