Rabu, 28 Desember 2011

Nubuat Rasulullah SAW yang Berkaitan dengan Tempat Binasanya Pemimpin-Pemimpin Quraiys pada Saat Peperangan Badar

Nubuat Rasulullah SAW yang Berkaitan dengan Tempat Binasanya Pemimpin-Pemimpin Quraiys pada Saat Peperangan Badar

Abu Ya’la meriwayatkan dalam Musnad-nya, ia berkata, “Hudbah menyampaikan kepada kami, ia berkata Hamad menyampaikan kepada kami dari Tsabit dari Anas bahwa ketika Nabi SAW sampai di Badar beliau beliau menunjuk dengan tangannya, menunjuk ke arah tanah seraya bersabda, ‘Ini adalah tempat binasanya Fulan’13 Demi Allah, tidak ada satu orangpun dari mereka yang meleset dari tempat binasanya.’”

Takhrij Hadits
Hadits ini diriwayatkan dari Rasulullah SAW oleh dua orang sahabat, yaitu Anas bin Malik dan Umar bin Khattab radhiyallaahu ‘anhumaa. Hadits Anas ra., diriwayatkan oleh Muslim dalam Shahiih-nya, Kitaab al-Jihaad wa as-sair 30, Bab Ghazwah badr 3/1403 (hadits 1779) dengan redaksi yang serupa dalam sebuah hadits yang panjang.

Juga diriwayatkan Abu Ya’la dalam Musnad-nya 6/69 (hadits 3322) dengan redaksinya sendiri. Al-Haitsami berkata, “Para perawinya adalah orang-orang yang meriwayatkan hadits shahih.” Majma’ az-Zawaa-id 6/80.

Sedangkan hadits Umar bin Khattab ra. juga diriwayatkan oleh Muslim dalam Shahiih-nya, Kitaab al-Jannah wa shifah Nabi SAW ’iimihaa wa ahlihaa 17 – Bab ‘Ardh maq’ad al-mayyit min al-jannah aw an-naar ‘alaihi wa itsbaat ‘adzaab al-qabri wa at-ta’awwudz minhu 4/2202 (hadits 2873) dengan redaksi yang serupa dalam sebuah hadits yang sangat panjang.

Terbuktinya Nubuat
Rasulullah SAW benar. Kedua nubuat beliau yang terdapat dalam hadits tersebut telah terbukti. Yang pertama adalah mengenai gugurnya para pemimpin Quraisy, yang kedua adalah tempat terbunuhnya mereka. Mereka terbunuh pada tempat-tempat yang telah ditunjuk oleh Rasulullah SAW, tidak meleset sedikitpun. Perang Badar Kubra terjadi pada tanggal 17 Ramadhan tahun kedua Hijriah.14
Sumber: 188 Nubuat ar-Rasul – Maa Tahaqaqa Minha wa Maa Yatahaqqa, karya Muhammad Waliyullah an-Nadwi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar