Senin, 21 November 2011

SEBAB TURUNNYA SURAT ALI IMRAN AYAT 128

Ada tiga orang gembong Quraiay yang amat menyubahkan Rasulullah saw. disebabkan sengitnya perlawanan mereka ter­hadap da’wahnya dan siksaan mereka terhadap shahabatnya. Maka Rasulullah selalu berdoa dan memohon kepada Tuhannya agar menurunkan adzabnya pada mereka. Tiba-tiba sementara ia berdoa dan memohon itu, turunlah wahyu atas kalbunya berupa ayat yang mulia ini: 
“Tak ada sesuatu pun kekuasaanmu mengenai urusan itu, apakah la akan menerima taubat mereka atau akan me­nyiksa mereka, sesungguhnya mereka itu adalah orang-orang yang aniaya … (Q.S. 3 Ali Imran: 128)
Rasulullah memahami bahwa maksud ayat itu ialah menyu­ruhnya agar menghentikan doa untuk menyiksa mereka serta menyerahkan urusan mereka kepada Allah semata. Kemungkin­an, mereka tetap berada dalam keaniayaan hingga akan mene­rima adzab-Nya. Atau mereka bertaubat dan Allah menerima taubat mereka hingga akan memperoleh rahmat karunia-Nya
Maka ‘Amr bin ‘Ash adalah salah satu dari ketiga orang tersebut. Allah memilihkan bagi mereka jalan untuk bertaubat dan menerima rahmat, maka ditunjuki-Nya mereka jalan untuk menganut Islam, dan ‘Amr bin ‘Ash pun beralih rupa menjadi seorang Muslim pejuang, dan salah seorang panglima yang gagah berani ….

1 komentar:

  1. Setahu saya dari dengar ceramah, waktu itu ada orang yg mengabarkan bahwa pada sebuah daerah telah banyak orang yg muallaf, kemudian Rasulullah mengirim 70 orang penghafal Qur'an setelah itu 70 penghafal Quran tsb dibunuh/dianiaya dan kabar ttg daerah orang yang muallaf td adalah kebohongan. Itulah sebab Rasulullah murka dan mendoakan yg buruk kepada pembunuh tsb. Allahuallam

    BalasHapus