Kamis, 23 Juni 2011

UMAR RA SOSOK YANG MENGHARGAI ISTRI

UMAR RA SOSOK YANG MENGHARGAI ISTRI

Diriwayatkan bahwa seorang pria menemui Umar untuk mengadukan keburukan akhlak istrinya. Pria itu berdiri di muka pintu rumah Umar. Dia menunggu Umar keluar, tiba-tiba dia mendengar suara istri Umar yang sedang mengomel padanya. Sedangkan Umar diam saja, dia tidak menjawab omelan istrinya. (Melihat keadaan ini), pria itu berbalik badan sambil berkata, "Jika keadaan Umar saja amat sulit seperti ini, padahal dia seorang amirul mukminin, bagaimana keadaan saya?" Umar keluar dan melihat pria itu meninggalkan rumahnya. Umar memanggilnya dan berkata, "Pak! Pak! Ada perlu apa?" Pria itu menjawab, "Wahai Amirul Mukminin! Saya sebenarnya ingin mengadukan perilaku istri yang buruk. Istriku memperlakukanku dengan tidak baik. Kemudian ternyata istri seperti itu juga. Oleh karena itu saya berniat pulang dan berkata, "Jika keadaan Umar saja amat sulit seperti ini, padahal dia seorang amirul mukminin, bagaimana keadaan saya?" Umar menjawab, "Wahai saudaraku! Saya memberikan hak-haknya atas diriku. Karena dia telah memasak makananku, telah membuatkan roti untukku, mencucikan pakaianku dan mengurus anak-anakku."(arnab) (dikutip dari buku Hadza Huwa Zauji oleh; 'Isham Muhammad Asy-syarief)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar