Jumat, 01 Juli 2011

AMAL SHALIH TIDAK AKAN SIA-SIA

Dalam hadits riwayat Bukhari, terdapat kisah terkait dengan doa. Diceritakan ada 3 orang yang terjebak dalam gua. Mulut gua itu tertutup oleh sebuah batu besar, sehingga ketiga orang itu tidak dapat keluar. Akhirnya mereka bertiga sepakat bahwa mereka hanya dapat keluar dari gua itu dengan memanjatkan doa kepada Allah disertai menyebutkan kebaikan yang pernah mereka lakukan masing-masing. Orang pertama menyebutkan kebaikan atau amal shalih berupa bakti kepada kedua orang tuanya. Maka batu besar itu bergeser. Orang kedua menyebutkan kebaikan atau amal shalihnya, yaitu dia tidak jadi melakukan perbuatan zina. Maka batu besar itu bergeser lagi, namun ketiga orang itu belum dapat keluar dari gua. Orang ketiga menyebutkan kebaikan atau amal shalihnya, yaitu dia menyimpan upah pegawainya yang belum sempat diambil. Kemudian dia mengelola uang itu hingga menjadi harta yang banyak. Harta yang sudah banyak itu diserahkan kepada pegawai yang berhak itu. Maka, batu besar itu bergeser lagi, sehingga ketiga orang itu dapat keluar dari gua. (HR Bukhari, Kitabul Ijarah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar